Rabu, November 26, 2008

Kualitas Orang Dalam Berbicara

Setiap hari kita selalu berbicara, tapi kita tidak tahu...apakah pembicaraan kita ada manfaatnya ? Bahkan mungkin dengan sengaja, kita sering menghabiskan waktu seharian hanya untuk membicarakan hal-hal yang mengandung fitnah, gunjingan dan permusuhan.
Alangkah ruginya.......
Ketahuilah ! Sesungguhnya kekuatan terbesar dari kata-kata yang kita keluarkan adalah ketika kata-kata tersebut dapt membuat orang lain mendapatkan manfaat dari apa yang kita ucapkan.

Oleh karena itu, ada baiknya kita memahami kualitas-kualitas orang dalam berbicara.
Ada empat golongan perkataan, yaitu :


1) Perkataan Orang Bijak

Kalau berbicara, seluruh struktur kata-katanya jelas dan bernilai. Setiap pembicaraan selau sarat dengan ilmu, hikmah, dan zikir. Sehingga setiap orang yang mendengar akan merasakan manfaat dari kata-katanya. Kalau bercerita sesuatu, selalu menjadi nilai tambah bagi yang mendengarnya. Kata-kata orang bijak iniakan selalu dinanti. Namun, biasanya orang yang bijak tidak akan terlalu mengumbar kata-kata. Bahkan, dirinya sebenarnya lebih senang mendengar orang lain berkata-kata untuk mengambil hikmah dari perkataan orang lain.

2) Perkataan Orang Biasa

Obrolannya biasanya tidak ada kerangkanya. Segala kejadian yang dilihatnya selalu diceritakan atau dikomentari. Waktu yang dia gunakan untuk berkata-kata tidak sebanding dengan nilai yang didapatkan. Selama dua jam digunakan untuk ngobrol, tetapi hampir tidak bernilai. Orang yang membiarkan waktu berlalu dengan mubazir, sungguh merugi orang tersebut. Na'udzubillah.

3) Perkataan Orang Rendahan

Yaitu perkataan orang yang berisi keluhan, hinaan, cacian, dan makian. Orang seperti ini tidak akan pernah menerima segala sesuatu yang ada di hadapannya. Dia selalu saja mencari-cari kekurangannya. Orang seperti ini kalau berbicara selalu yang buruk-buruk saja. Semua orang menjadi jelek dalam pandangan dia.

4) Perkataan Orang Dangkal

Cirinya adalah dalam semua obrolannya dia selalu menceritakan kehebatan dirinya sendiri. Orang seperti ini sangat ingin dihargai oleh orang lain sehingga selalu menyebut-nyebut kebaikan yang telah dilakukannya. Orang yang kosong dari harga diri memang selalu ingin dihargai.

Subhanallah ! Semoga Allah yang Maha Agung menolong kita agar setiap perkataan yang kita ucapkan benar-benar baik.

Sumber : Muslim Best of the Best - Aa' Gym

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...