Kamis, Maret 19, 2009

Tips Menghadapi Masalah

Tips Menghadapi Masalah

Ketika kita sudah bersemangat mengejar cita-cita, mungkin di tengah jalan kita akan mendapat sebuah masalah. Mungkin karena kita terlalu konsentrasi dan sibuk dengan kegiatan-kegiatan, hubungan dengan teman-teman kita jadi renggang. Atau karena kita terlalu sibuk aktif di organisasi, kita jadi sering pulang terlambat sehingga membuat ibu kita marah- marah karena banyak pekerjaan rumah yang kita tinggalkan. Yah, itulah hidup, senantiasa ada masalah. Tapi pandanglah masalah sebagai tantangan, bukan sebagai hambatan. Masalah adalah hakikat dari pendewasaan diri kamu dan hakikat dari motivasi. Ketika tidak ada masalah yang perlu diselesaikan, maka kita tidak akan berkembang.
Pandanglah masalah sebagai peluang. Mengapa demikian? karena masalah akan memberi kita peluang untuk mengupayakan hal-hal yang selama ini kita yakini; sasaran, fokus, berpikir positif, iman kepada Allah, kepercayaan kepada orang lain, sayang kepada keluarga dan mereka yang dekat dengan kita. Pandanglah masalah sebagai suatu tantangan, suatu peluang untuk menggunakan talenta kita untuk kemajuan orang lain dan mengembangkan diri kita sendiri. Masalah akan membuat kita lebih besar, dan ketika kita menjadi besar, kita mendapatkan masalah yang lebih besar pula.

Kita yakin setiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Jika kita suatu saat menghadapi masalah, gunakan enam langkah berikut ini :
  1. Jangan takut terhadap masalah, bersikaplah tenang jangan panik. Ketenangan kita akan membuat kita jernih dalam memandang sebuah persoalan, sehingga kita akan segera mendapat jalan keluarnya. Yakinlah bahwa masalah yang sedang menghadang kita adalah alat uji bagi kita. Kalau kita lulus menghadapinya, kapasitas kita akan menaik. Ingat, hidup tanpa masalah adalah masalah itu sendiri.
  2. Pelajari masalah, lihatlah secara seksama masalah tersebut namun jangan biarkan masalah tersebut mengacaukan pikiran kita. Lihatlah secara jeli, sebenarnya sumber masalah itu apa sih. Timbanglah apakah masalah ini berat atau ringan. Tapi jangan sampai kemudian maslah justru merusak konsentrasi kita.
  3. Berkonsentrasilah pada penyelesaiannya, jangan terlalu fokus pada pertanyaan mengapa ada masalah. Segera cari jalan keluar walaupun penyelesaiannya itu sederhana.
  4. Bergeraklah dari yang diketahui menuju hal yang tidak diketahui, kumpulkan berbagai informasi untuk membantu penyelesaian masalah itu.
  5. Pilihlah satu penyelesaian yang baik bagi orang lain dan juga bagi diri kita. Jangan sampai sebuah penyelesaian masalah justru menimbulkan masalah baru lagi.
  6. Bertindaklah, sekalipun ketika perlu mengambil sedikit resiko, jangan biarkan masalah mengambang tanpa penyelesaian. Ambillah keputusan meski itu terasa pahit bagi kita.
Kepandaian kita dalam menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi adalah pertanda bahwa kita mulai dewasa. Dengan demikian, kita akan tetap bisa mempertahankan konsentrasi tanpa dihadang masalah yang bertumpuk-tumpuk.

Sumber : Smart Diary 'Catatan harian remaja Muslim'

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...