Kamis, November 19, 2009

3 Penyakit Khas di Musim Penghujan

Udara lembap yang datang bersama musim penghujan menyebabkan organisme penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit, tumbuh kian subur. Akibatnya, muncul sejumlah penyakit khas yang sering muncul di musim hujan. Apa saja jenis penyakit tersebut dan bagaimana mencegahnya?


Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyebab: Virus Dengue

Penyakit disebarkan oleh nyamuk Aides aegypti ini hampir tak pernah absen setiap kali tiba musim penghujan. Usaha pencegahan terpenting yang dapat Anda lakukan adalah dengan membasmi nyamuk, baik dalam bentuk nyamuk dewasa maupun jentik.

Cara mencegahnya, lakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M:

1. Menguras tempat penampungan air, seperti bak, vas atau pot bunga.

2. Menutup rapat tempat penampungan air

3. Menimbun/menyingkirkan barang-barang bekas yang bisa menampung air


Leptospirosis

Penyebab: Bakteri Leptospira

Penyakit ini sering menyerang korban banjir. Penyakit ini ditularkan lewat genangan air yang tercema r urine binatang (hewan ternak, kuda, anjing, dan tikus) yang mengandung kuman.

Cara masuk kuman ke dalam tubuh manusia ada dua macam. Pertama, melalui luka pada kulit. Kedua, ketika kulit terlalu lama terendam genangan air. Meski tidak ada luka, kalau terendam air terlalu lama, pori-pori kulit akan membesar sehingga memungkinkan kuman masuk.


Deman Tifoid

Penyebab: Bakteri Salmonella Thypi

Penyakit ini sering kali identik dengan perilaku jorok. Misalnya, makan sembarangan di pinggir jalan tanpa memperhitungkan kebersihannya, atau malas mencuci tangan sebelum makan.

Demam tifoid atau yang biasa dikenal dengan tipes memang ditularkan melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri. Kuman masuk ke dalam lambung, kemudian masuk ke usus dan berkembang biak di sana. Pertumbuhan kuman inilah yang menimbulkan gejala penyakit.

Untuk menghindari penyakit ini, tidak ada jalan lain kecuali menjaga kebersihan. Baik kebersihan makanan, tubuh, dan lingkungan sekitar.


Sumber : http://id.news.yahoo.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...